Rabu, 12 Agustus 2009

Kreatifitas

Orang kreatif pada hakikatnya unggul dalam pekerjaan, memiliki pendirian, mampu memberikan ide-ide baru, conceptual, dan sebagainya. Orang tersebut mungki mampu saja untuk memecahkan masalah dengan arif dan bijaksana.
Arti kreatifitas itu sendiri secara etimologi, berasal dari Bahasa Latin yakni creare yang berarti Mencipta, pengertian sederhana kreatifitas dapat diartikan demikian; kemampuan seseorang untuk mencipta sesuatu yang baru serta dapat dirasakan oleh orang lain.
Sumber :http://seminaripem.wordpress.com/2007/04/20/menjadi-seminaris-yang-kreatif/

Kreatifitas adalah suatu proses penemuan jatidiri, penegasan eksistensi manusia selama manusia itu hidup. Jadi tanpa harus bermain2 seperti anak-anak (maksudku kalo disini kita membaca apa yang dimaksud Hepi secara kontekstual) sifat 'kekanak-kanakan' hanyalah salah satu trigger (pemicu) dari sekian banyak motivasi atau kondisi pemicu manusia untuk kreatif... jadi kekanak-kanakan disini jangan dipandang secara harafiah... tapi keceriannya, keluguannya, kebebasannya dalam berekspresi, kebebasan bereksperimen (bebas untuk trial and error) dan sifat ingin tahunya yang besar yang merupakan ciri anak-anak.....Tapi akan salah juga kalau kita mengatakan tanpa seperti itu kita nggak akan kreatif... ini yang dikatakan paradoks dalam wacana kreatifitas, sebab banyak kreatifitas justru muncul dari keadaan yang sebaliknya dari kondisi yang digambarkan di atas.)Kita sedang berbicara ttg 'kreatifitas' yang pengertiannya sangat luas, filosofinya sangat dalam dan mengandung banyak sekali paradoks. Manifestasi dari apa yang kita sebut2 'kreatifitas' bisa bisa berperan sebagai humanisasi (art, design dsb) atau malah dehumanisasi (industrialisasi, komputerisasi dsb) (saya tertarik bicara ini, sebab isu dehumanisasi itu pertama kali muncul setelah revolusi industri di eropa, dikarenakan hasil2 industri tsb dirasa kurang humanis dan proses industrialisasi itu dirasa tidak memanusiakan manusia.
Sumber : http://otakiri99.blogspot.com/2007/09/kekanak-kanakan-kreatifitas.html

Kreatifitas adalah akar dan awal dari semua kesuksesan kita. Mari kita selidiki. Coba anda bayangkan siapa saja dalam benak anda, orang yang anda anggap sudah sukses. Dalam hal ini, saya sedang membayangkan orang terkaya di dunia, Bill Gates. Kesuksesan beliau membangun perusahaan raksasa microsoft berawal dari kreativitas dia untuk mulai menulis program komputer dan kemudian dipakai oleh berbagai perusahaan hingga menjadi seperti sekarang ini. Saya tidak akan menjelaskan hal ini lebih detil. Tapi coba lihat.
Kreatif adalah sebuah kata sifat untuk menggambarkan sesuatu yang dari tidak ada menjadi ada, dari bahan mentah menjadi bahan jadi, dari sesuatu yang tidak berbentuk menjadi sesuatu yang indah, atau bahkan dari sesuatu yang tidak terpikirkan orang menjadi sesuatu yang bermanfaat buat orang. Dalam contoh ini, Bill Gates berkreasi membuat program komputer. Ford berkreasi membuat mobil. Abraham Lincoln, negarawan yang berkreasi menciptakan regulasi-regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Tiger Wood berkreasi mencari cara untuk menghasilkan pukulan golf yang akurat. Steven Spielberg, sutradara film yang berkreasi menghasilkan film-film box-office, dan masih banyak contoh lainnya.
Kreatifitas adalah awal yang baik tapi bukan akhir dari segala-galanya. Kreatifitas harus dibarengi dengan inovasi, kerja keras, focus, pantang menyerah dan nekat. Kreatifitas akan membuat orang-orang untuk terus menerus berinovasi dan memperbaiki hasil kreasi mereka, berkerja keras dan tidak mengenal lelah, fokus terhadap hasil kreasi mereka, pantang menyerah menghadapi kritikan dan cemoohan, serta nekat. Orang kreatif adalah orang yang menciptakan sesuatu, terus-menerus mengembangkannya, memperjuangkan habis-habisan hingga pada akhirnya diterima orang lain sebagai sesuatu yang bermanfaat buat diri mereka.
Manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan pada dasarnya sudah dibekali kemampuan untuk mencipta dan berkreasi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bukan hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi orang lain. Sifat kreatif yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita sudah sepatutnya digali, dikembangkan dan pada akhirnya dibagikan manfaatnya untuk orang lain. Kreatifitas itu adalah sesuatu tidak akan ada habis-habisnya. Dia akan selalu dinamis, bertumbuh dan menghasilkan buah. Ketika orang mulai berhenti berkreasi, dia akan otomatis statis, berhenti bertumbuh dan berhenti menghasilkan buah. Dan hal ini jugalah yang membuat kenapa banyak orang tidak bisa sukses dan berhenti pada suatu titik.
Jika anda ingin sukses dalam sesuatu, mulailah berkreasi. Buatlah sesuatu berdasarkan apa yang anda inginkan atau yakini. Percayalah, kesempatan suatu saat nanti akan terbuka untuk anda, dan anda akan menikmati hasil dari kreatifitas anda.
Sumber : http://www.sabdaspace.org/kreatifitas_adalah_benih_kesuksesan - http://peterkambey.blogs.friendster.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar